Kartini

21 April 2013 diperingati sebagai Hari Kartini, seorang pejuang yang memperjuangkan hak-hak dari seorang wanita. Wanita memang dianggap lebih lemah dari seorang Pria, tetapi pernyataan tersebut merupakan suatu kesalahan. Memang dalam Pandangan Buddhisme, wanita memiliki karma yang lebih buruk daripada pria. Setiap bulannya seorang wanita harus mengalami menstruasi yang tentunya menyakitkan. Belum lagi ketika sedang hamil atai melahirkan, tentu membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa.

Kartini memberikan kita suatu pembelajaran bahwa wanita tidak seharusnya di pandang sebelah mata oleh seorang pria. Pada saat sekarang ini banyak wanita yang melakukan pekerjaan pria, misalnya menjadi sopir, pilot, dan sebagainya. Hal ini tentu membuktikan bahwa perjuangan Kartini untuk menyetarakan derajat wanita dengan pria, dan tidak selalu berada dalam bayang-bayang pria.

Perjuangan Kartini serupa dengan perjuangan seorang Pajapati Gotami pada zaman Buddha. Apa yang dilakukan oleh Pajapati gotami membuat suatu sejarah yang sangat penting. Pada saat itu Pajapati gotami ingin menjadi seorang Bhiksuni dengan pengorbanan yang luar biasa. Sampai akhirnya Pajapati Gotami dan wanita-wanita yang lainnya berhasil diizinkan oleh Buddha menjadi seorang Bhiksuni. Itu pun harus memenuhi aturan-aturan yang harus dijalani oleh para Bhiksuni yang disebut dengan Aṭṭha garudhammā (delapan peraturan keras), salah satunya adalah ketika ada seorang Bhiksu yang baru ditahbiskan, maka Bhiksuni yang sudah berpuluh-puluh tahun masa Vassa harus bersujud kepada Bhiksu yang baru.

Kartini dan Mahapajapati merupakan suatu contoh seorang wanita yang memperjuangkan hak-hak seorang wanita yang perlu dicontoh dalam kehidupan saat ini. Seperti yang Buddha katakan bahwa, setiap manusia adalah sama tidak ada perbedaan yang membedakan adalah Karma dan perbuatan dari makhluk hidup itu sendiri.

Mari kita peringati Hari Kartini bukan hanya dengan perayaan-perayaan yang meriah, tetapi juga meneladani sikap-sikap dari para wanita yang telah berjuang untuk wanita-wanita di dunia ini. Dengan demikian, wanita tidak lagi dianggap sesuatu yang lemah dan rendah di mata semua orang. Selamat Hari Kartini, semoga teladan dari Kartini dapat menginspirasi kita semua.

Svaha…

Sebelumnya:

108 Kata Perenungan Oleh Master Cheng Yen

Kembali ke Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: