Hari Kathina

Hari Kathina

Kathina merupakan salah satu hari raya agama Buddha. Hari raya ini merupakan hari berdana kepada anggota Sangha. Hari Kathina diperingati antara bulan oktober sampai november. Sebelum hari kathina, para anggota Sangha menjalani massa Vassa. Vassa merupakan waktu berdiam diri selama 3 bulan untuk lebih memperdalam Dhamma serta bermeditasi.

Pada Zaman Sang Buddha, ketika memasuki musim penghujan para anggota Sangha diperkenankan oleh Buddha untuk berdiam diri disuatu tempat dan berlatih Dhamma. Seperti yang disabdakan oleh Buddha pada Dhammapada syair 364 “Seorang Bhikkhu yang selalu berdiam dalam Dhamma dan gembira dalam Dhamma, yang selalu merenungkan dan mengingat-ingat akan Dhamma, maka Bhikkhu itu tidak akan tergelincir dari jalan benar yang mulia”.

Hari Kathina biasanya diperingati dengan upacara pemberian dana kepada anggota Sangha. Dana ini berupa kebutuhan-kebutuhan pokok anggota sangha, terdiri dari Jubah, makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal.

Berdana kepada anggota Sangha memiliki pahala yang luar biasa. Dan pada hari kathina inilah merupakan, waktu yang tepat untuk berdana kepada anggota Sangha.

Selamat Hari Kathina.

Sebelumnya :

<< Cap Go Meh

Selanjutnya

>> 108 Kata Perenungan Oleh Master Cheng Yen

Kembali ke Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: