Bhiksuni Khema

Bhiksuni Khema

Terkemuka dalam Pengetahuan

Ratu Khema adalah istri Raja Bimbisara dari Kerajaan Magadha. Ratu Khema sangat membanggakan kecantikan jasmaninya. Pada suatu kesempatan, Ratu Khema mengunjungi Buddha di hutan bambu. Buddha mengetahui kedatangan Ratu Khema. Beliau juga mengetahui bahwa Ratu Khema sangat melekat pada kecantikan jasmaninya.

Buddha dengan kesaktiannya, menciptakan sesosok gadis cantik jelita yang tengah berdiri di sisi Buddha dan mengipasinya. Ratu Khema sangat terkesima dengan kecantikan gadis tersebut. Selagi Ratu Khema mengagumi kecantikan gadis tersebut, gadis itu berangsur-angsur menjadi tua. Ia menjadi berkeriput dan beruban sehingga tidak cantik lagi. Perempuan tua itu akhirnya jatuh ke lantai, mati, dan menjadi seonggok tulang belulang.

Pemandangan yang disaksikannya menyadarkan Ratu Khema bahwa jasmani akan mati dan hancur. Tidak ada manfaatnya jika memuja dan melekat pada kecantikan jasmani. Ratu Khema kemudian pulang ke Istana dan memohon izin kepada Raja Bimbisara untuk menjadi seorang Bhiksuni. Raja Bimbisara sangat gembira dan mengizinkan Ratu Khema untuk menjadi Bhiksuni.

Bhiksuni Khema sangat tekun dalam belajar dan praktik Dharma. Beliau memiliki pengetahuan yang sangat luas. Buddha menyatakan bahwa Bhiksuni Khema adalah Bhiksuni terbaik dalam hal pengetahuan.

Sumber : Buku Ehipassiko SMP 2

Selanjutnya :

>>Y.A Rahula

Sebelumnya :

<<Y.A. Maha Kassapa

<<Kembali ke Siswa utama Buddha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: